Tentang Manfaat Secangkir Kopi Untuk Kesehatan

secangkir kopi hitam
Sebelum melakukan aktivitas jangan lupa untuk minum secangkir kopi.

Pada zaman dahulu kita mengetahui bahwa belum ada teknologi modern dan ilmuwan super yang melakukan penelitian secara detail mengenai manfaat beberapa jenis makanan dan minuman untuk pengobatan.

Salah satu minuman berwarna gelap, harum dan beraroma yang dimiliki oleh nenek moyang kita, yakni kopi.

Kopi bagi nenek moyang kita, mereka sangat percaya bahwa meminum kopi dapat memulihkan energi atau meningkatkan tingkat energi dan kewaspadaan mereka.

Minuman hitam harum ini telah populer selama berabad-abad dan nenek moyang kita, khususnya di Arab, percaya bahwa kopi dapat meningkatkan energi, meningkatkan kewaspadaan, dan meningkatkan penglihatan.

Anda harus percaya akan hal tersebut, karena hal tersebut bukan sekedar mitos melainkan fakta yang diperkuat dengan banyaknya penelitian modern yang dilakukan oleh para ilmuwan super dari berbagai negara.

Apakah Anda suka minum kopi, jika iya berarti Anda beruntung dan ketahuilah juga bahwa ada beberapa manfaat utama bagi kesehatan dari minum beberapa cangkir kopi, yaitu meningkatkan energi, memperpanjang usia, membantu daya ingat, serta menjaga kesehatan mata dan kewaspadaan. 

Hal inilah yang menyebabkan banyak orang terutama pria yang suka minum kopi di malam hari dengan tujuan agar tetap terjaga atau tidak mudah tertidur saat beraktivitas atau bertugas.

Kata kopi berasal dari bahasa Arab yaitu qahwah yang berarti kekuatan, dan nenek moyang orang Arab sering menjadikan kopi sebagai minuman energi untuk kegiatan beribadah di malam hari dan sebaliknya masyarakat modern mengkonsumsi kopi untuk begadang dan bekerja.

Perlu anda ketahui bahwa kopi merupakan salah satu minuman energi dengan kandungan kafein terbanyak dari semua minuman energi yang ada di dunia dan kandungan kafein pada kopi adalah 85 mg.

Maka sudah sepantasnya orang yang rutin minum kopi terlihat lebih segar dan berenergi dibandingkan mereka yang rutin minum kopi. 

Dan ingat bahwa minum kopi ada batasnya, makanan dan minuman apa pun yang jika dikonsumsi berlebihan bisa berakibat fatal atau buruk bagi kesehatan Anda.

Dan cukup dengan meminum kopi secara rutin dalam sehari yaitu segelas pada pagi hari, segelas pada sore hari dan segelas pada sore atau malam hari, artinya sehari 3 gelas.

Itulah batas aman meminum minuman hitam wangi yang sehat, kadar senyawa kafeinnya sangat buruk bagi kesehatan jika diminum dalam batas wajar.

Manfaat kopi untuk kesehatan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan modern, mereka menemukan manfaat meminum minuman hitam wangi ini, sebagai berikut:
  1. Kandungan kafein pada kopi secara bertahap mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker.
  2. Kandungan kafein pada kopi dapat mencegah dan mengurangi risiko terjadinya diabetes melitus tipe 2 dengan menjaga sensitivitas tubuh terhadap insulin.
  3. Kandungan kafein pada kopi terbukti dapat mencegah serangan jantung sehingga Anda bisa hidup lebih lama.
  4. Mengonsumsi kopi dapat menjaga tubuh seseorang tetap bugar dan meningkatkan konsentrasi.
  5. Mengkonsumsi kopi dapat meningkatkan energi tubuh, kopi banyak dikonsumsi oleh para atlet sebelum bertanding menjadi juara.
  6. Kopi mengandung cukup banyak senyawa antioksidan selain kafein. Kehadiran antioksidan dapat membantu tubuh melawan radikal bebas atau senyawa jahat, seperti kanker, diabetes, dan penurunan respon imun tubuh.
  7. Untuk menurunkan berat badan, meminum segelas kopi dipercaya dapat menekan rasa lapar, hal ini disebabkan oleh senyawa kafein. Perlu Anda ketahui bahwa kafein pada kopi bersifat energi sehingga dengan meminum kopi saja Anda akan terlihat lebih berenergi, namun sebaiknya minum kopi setelah makan dalam porsi kecil karena minum kopi dalam keadaan perut kosong dapat merusak sistem pencernaan Anda.
  8. Selain kandungan kafein dan antioksidan yang terdapat pada kopi, ternyata kopi juga mengandung zat penting lainnya yang bermanfaat bagi tubuh yaitu polifenol, flavonoid, proanthocyanidins, kumarin, asam klorogenat, dan tokoferol.
  9. Memperbaiki mood atau memperbaiki suasana hati yang buruk. Senyawa kafein dalam kopi dapat memberikan efek menenangkan pada suasana hati, mencegah depresi.
  10. Pengusir rasa kantuk, kandungan kafein yang tinggi dalam secangkir kopi bisa memicu seseorang untuk tetap terjaga. Itu sebabnya nenek moyang orang Arab sering mengonsumsi kopi di malam hari, yaitu agar tetap terjaga saat shalat. Dan di zaman modern ini orang lebih sering minum kopi untuk begadang atau sedang bertugas.
  11. Senyawa dalam kopi juga dipercaya dapat menyembuhkan sakit kepala dan membantu meningkatkan daya ingat
  12. Konsumsi kopi baik untuk ibu hamil. Banyak mitos yang mengatakan bahwa minum kopi tidak baik untuk kesehatan apalagi bagi ibu hamil, 
Fakta tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan menemukan sebaliknya, dan ternyata kopi baik dikonsumsi ibu hamil dalam batas wajar, sekitar dua dalam gelas sehari, minum segelas pada pagi hari dan segelas pada sore hari. Namun jika Anda sulit tidur, hindari minum kopi di sore hari.

Hal yang didapat ibu hamil dari minum kopi adalah mengurangi depresi, meningkatkan mood, jantung lebih kuat, sehat dan menghilangkan stres.