Ini Keuntungan Dan Kerugian Dari Konsumsi Kopi

secangkir kopi
Kopi, minuman ini bisa mengurangi rasa lelah, kantuk dan meningkatkan penglihatan.

Kopi merupakan minuman berwarna hitam pekat yang mengandung banyak senyawa bermanfaat bagi kesehatan dan banyak orang di dunia yang sangat menyukainya.

Minuman ini rupanya mulai dikonsumsi pada abad ke-9, khususnya di Etiopia dan kedua di Arab.

Ethiopia adalah sebuah negara yang terletak di Afrika. Bahkan negara ini diklaim sebagai negara tertua di dunia dan memiliki sejarah terlengkap di dunia serta belum pernah dijajah oleh negara manapun.

Nenek moyang orang Arab memperkenalkan dan menyebarkan kopi ke seluruh dunia dan mereka lebih suka mengkonsumsinya pada malam hari.

Selain itu, nenek moyang Arab mengonsumsi kopi sebagai minuman energi tanpa gula di malam hari untuk begadang dan berdoa. Masyarakat mulai meminum kopi pada tahun 700 M seiring dengan menyebarnya agama Islam.

Pada tahun 1000 M, ilmuwan zaman dahulu Ibnu Sina yang kini dikenal sebagai bapak kedokteran dunia menyelidiki zat atau senyawa kimia pada kopi. 

Dokumennya merupakan dokumen pertama yang diketahui membedah kopi dari ilmu kedokteran dan kesehatan. Dan Ibnu Sina juga mencatat dan mendeskripsikan anatomi tubuh manusia secara lengkap untuk pertama kalinya.

Kini kopi telah banyak diteliti oleh para ilmuwan modern dan dalam penelitiannya mereka menemukan lebih banyak manfaat atau manfaat bagi kesehatan dibandingkan kerugian dari konsumsi kopi. Jadi rugi kalau tidak suka kopi.

Saat ini sangat mudah untuk menemukan kopi yang sudah diolah dan siap disajikan. Kopi ternyata mempunyai banyak ragam atau jenisnya, namun yang paling terkenal dan termahal di dunia hanyalah beberapa varietas kopi saja, diantaranya adalah Kopi Arabika dan Kopi Robusta, yang terpenting adalah Kopi Luwak.

Setidaknya ada 18 jenis kopi dan jika ditambah kopi luwak maka total ada 19 jenis kopi di dunia. Setiap kopi memiliki karakteristik yang berbeda-beda, seperti aroma, kandungan kafein, rasa, dan tingkat keasaman.

Senyawa atau zat yang terkandung dalam kopi sangatlah banyak dan senyawa yang paling banyak terkandung dalam kopi adalah kafein. Kafein bertindak sebagai pestisida alami yang melumpuhkan dan membunuh serangga tertentu yang memakan tanaman tersebut.

Senyawa kafein juga dapat ditemukan pada tanaman teh dan kakao.  Pada umumnya nenek moyang yang hidup pada zaman batu sudah mengenal tumbuhan yang mengandung senyawa kafein, mereka memanfaatkan tumbuhan tersebut untuk menghilangkan rasa lelah atau sebagai minuman untuk menambah energi yang hilang, merangsang kesadaran dan meningkatkan mood.

Kini masyarakat modern lebih memilih mengkonsumsi kopi untuk menghilangkan penat, begadang dan lain sebagainya.  Ingat, setelah selesai mengonsumsi kopi, jangan lupa minum air putih untuk meningkatkan suplai darah ke jantung karena kopi diketahui dapat menghambat aliran darah ke jantung.
  
Kelebihan atau Manfaat Konsumsi Kopi

Kopi memang lebih banyak mengandung senyawa kafein, jika anda seorang pekerja kantoran yang diharuskan masuk pada jam 7.30 waktu setempat, hindari mengkonsumsi kopi terlalu banyak pada sore dan malam hari, namun kopi dapat membuat anda sulit tertidur dengan cepat.
  1. Memulihkan energi yang hilang
  2. Lebih waspada saat bekerja, misalnya mengendarai kendaraan
  3. Meningkatkan penglihatan yang lebih baik
  4. Membantu mencegah diabetes tipe 2
  5. Melindungi terhadap penyakit hati, terutama sirosis atau kerusakan hati dan kanker hati.
  6. Melindungi risiko penyakit Alzheimer
  7. Mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung
  8. Meningkatkan memori jangka pendek dan waktu reaksi
  9. Kafein dalam kopi meningkatkan efektivitas obat penghilang rasa sakit
  10. Menurunkan berat badan
  11. Mengurangi depresi
  12. Mengurangi sakit kepala
Masih banyak manfaat lain yang tak terduga dari minum segelas kopi dan mohon jangan minum kopi terlalu banyak dalam sehari, cukup 1-2 gelas sehari.

Kerugian dari konsumsi kopi
  1. Penyebab perubahan warna gigi
  2. Mengganggu detak jantung atau mengurangi suplai aliran darah ke jantung
  3. Konsumsi kopi berlebihan dapat menyebabkan insomnia atau gangguan tidur
  4. Menyebabkan keguguran, sehingga ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi kopi dalam bentuk apapun dan makanan lain yang mengandung kafein.  Dengan begitu Anda terbebas dari risiko keguguran
  5. Kafein dapat merusak mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.
  6. Minum kopi secara berlebihan membawa risiko mudah tersinggung, sakit kepala, gelisah dan gugup hingga kematian.
Imbauan Penting Setelah Minum Kopi

Minum kopi dapat menyebabkan hilangnya cairan dalam tubuh, oleh karena itu segeralah minum dua gelas air putih setelah mengonsumsi segelas kopi.

Berapa gelas kopi sehari yang harus Anda minum?

Ingatlah bahwa kopi mengandung senyawa kafein yang cukup tinggi dan jika terlalu banyak kafein di dalam tubuh maka dapat menyebabkan tubuh tidak bekerja maksimal dan pelakunya akan sangat mudah tersinggung, sulit tidur, sulit mengambil keputusan dan lain sebagainya.

Jadi kafein dapat bermanfaat bagi tubuh dan menyembuhkan beberapa penyakit, jika dikonsumsi dalam batas wajar yaitu dua hingga tiga gelas kopi adalah batas wajar.

Tahukah anda kalau Kopi ditemukan oleh kambing

Satu milenium yang lalu, di pegunungan Etiopia, Afrika, sekawanan kambing terjaga sepanjang malam.

Setelah makan biji kopi merah. Penggembala memeriksa mengapa hal ini terjadi dan menemukan bahwa penyebabnya adalah kopi. Sejak itu, masyarakat mulai mengonsumsi kopi.