Kopi Ditambah Jahe Berguna Untuk Kesehatan

wanita minum kopi
Kopi dan jahe memiliki beberapa senyawa yang berguna untuk mencegah dan mengobati beberapa jenis penyakit

Manfaat minum kopi telah banyak diteliti oleh para ilmuwan besar dari berbagai negara dan hasilnya, mereka menemukan ada banyak senyawa bermanfaat dalam kopi,tidak hanya kafein.

Menurut para ilmuwan, lebih bermanfaat bagi kesehatan jika minum kopi tanpa gula, 1-3 cangkir kopi sehari.

Seperti diketahui, gula memiliki beberapa senyawa yang berdampak buruk bagi kesehatan.

Jadi, lebih baik minum kopi dengan jahe atau kayu manis daripada menambahkan gula, Anda bisa mendapatkan manfaat ganda.

Ada banyak sekali senyawa bermanfaat dalam jahe dan kayu manis, bahkan sangat dianjurkan untuk meminumnya setelah latihan fisik berat, dengan tujuan untuk meredakan keluhan nyeri otot dan kelelahan.

Meminum jahe tanpa campuran apapun juga dapat menghangatkan tubuh di musim dingin dan bahkan sebagai obat flu, pilek, mengurangi tumbuhnya penyakit kanker, asma, dan lain sebagainya.

Jahe mengandung beberapa senyawa gingerol, shogaol, flavonoid, saponin, zingerone, dan senyawa lain yang bermanfaat bagi kesehatan dan pencegahan penyakit.

Minum kopi atau teh jahe lebih efektif mengatasi masalah nyeri otot. Tambahkan beberapa potong jahe atau kayu manis ke dalam kopi atau teh dan nikmati kelezatannya.

Flavonoid dan saponin pada jahe merupakan senyawa yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Kedua senyawa tersebut berperan sebagai antiinflamasi, antijamur, antikanker, dan memperkuat sistem imun tubuh.

Perlu diperhatikan, jangan merebus jahe pada suhu mendidih mendekati 100 derajat celcius karena jika lebih, maka senyawa bermanfaat yang ada pada jahe akan menjadi sia-sia atau tidak bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda.