Manfaat Luar Biasa Dari Kelapa Bagi Tubuh

kelapa muda hijau
Air kelapa alami mengandung gula lebih sedikit.

Air kelapa mengandung sekitar 94 persen air namun rendah kalori sehingga tetap menyehatkan tubuh jika diminum kapan saja dan waktu terbaik untuk meminum air kelapa adalah pada siang hari atau jam 12 siang.

Selain itu, air kelapa memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh dan air kelapa muda mengandung sumber vitamin B, vitamin C, kalium, enzim, asam amino dan antioksidan yang berperan dalam mengeluarkan racun jahat dalam tubuh.

Kandungan mineral dan elektrolitnya menjadikan air kelapa sebagai minuman isotonik sehingga cocok untuk merehidrasi tubuh kita.

Adapun manfaat luar biasa dari air kelapa muda bagi tubuh, sebagai berikut:
  1. Kandungan vitamin C dalam air kelapa membantu menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus.
  2. Air kelapa mengandung kalium dan potasium diketahui bermanfaat untuk kesehatan jantung, yang bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Dan sebaiknya minum air kelapa langsung dari buah kelapa muda. 
  3. Air kelapa dipercaya dapat menetralisir berbagai racun di dalam tubuh. Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti Nigeria yang dipublikasi dalam Journal of Applied Sciences Research menunjukkan, bahwa air kelapa yang diberikan pada tikus putih kecil dapat meringankan gejala keracunan akibat kloramfenikol, yaitu zat antibiotik yang dapat menekan produksi sel darah merah di dalam tubuh.
  4. Organisasi Pangan Dunia (FAO) sudah menyatakan, air kelapa sebagai minuman energi alami. Kandungan fruktosa dan glukosanya membantu tubuh tetap berenergi tanpa perlu khawatir gula darah naik.
  5. Sebuah penelitian ilmiah mengenai manfaat air kelapa menyebutkan, tekanan darah pasien darah tinggi yang rutin mengonsumsi air kelapa turun hingga 71 persen.
  6. Anti Aging - Air kelapa mengandung zat antioksidan yang bisa membantu melawan radikal bebas yang berperan memperlambat proses penuaan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Efek ini membuat Anda kebal terhadap beberapa penyakit ringan.
  7. Membantu meningkatkan metabolisme - Minumlah air kelapa secara teratur bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan energi yang membuat tubuh membakar lemak jauh lebih cepat. Soal pencernaan, air kelapa akan membantu penyerapan makanan lebih maksimal dan mencegah terjadinya refluks asam.
  8. Pengganti Ion atau cairan tubuh - Air kelapa mengandung elektrolit alami yang berguna untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. 
  9. Menjernihkan air ketuban - Minum air kelapa bagi ibu hamil, ada manfaat besar yang didapat, Kandungan elektrolit dan antioksidan dalam air kelapa dapat membersihkan dan menjernihkan air ketuban.
  10. Melembutkan kulit ibu dan bayi - air kelapa dapat membuat kulit ibu dan bayi menjadi lembab dan lembut.
  11. Membantu Pencernaan Selama Kehamilan - Air kelapa juga terbukti meningkatkan fungsi pencernaan orang dewasa maupun anak-anak. Selama kehamilan, plasenta akan menghasilkan jenis hormon yang disebut progesteron, yang dapat memperlambat lambung sehingga pencernaan kontraksi otot melambat. Dan air kelapa terbukti membantu meningkatkan kecepatan proses pencernaan.
  12. Dapat Meningkatkan HDL - Air kelapa muda tidak mengandung sedikit lemak dan kolesterol, bahkan menurut ilmuwan bahwa air kelapa hijau dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Sebuah riset menunjukkan bahwa manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil dapat membantu meningkatkan kolestrol baik (HDL) dalam tubuh, karena kandungan air tesebut tidak ada unsur lemak dan kolesterol.
  13. Mencegah Kram Otot dan Menguatkan Tulang - minum air kelapa mengandung kalium yang yang dapat mencegah kram otot. 
  14. Menurunkan Berat badan - Sudah berabad-abad di seluruh dunia percaya bahwa air kelapa muda bisa menurunkan berat badan. 

Komentar