Manfaat Dari Air Kelapa untuk Kesehatan Anda

kelapa muda
Kelapa dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk: santan, ampas kelapa, air kelapa, minyak kelapa. Banyak orang tahu kelapa mengandung lemak jenuh, tapi juga kelapa adalah makanan eksotis begitu enak, dan sehat. (Foto: Boldsky)

Manfaat air kelapa tidak hanya untuk menghilangkan rasa haus, tapi juga baik untuk diet dan pengobatan. Isi kelapa muda juga sangat enak untuk dimakan dan bergizi.

Jus Air kelapa sebenarnya ada di dalam kelapa muda. Ia tidak memiliki lemak dan kolesterol, rendah kalori dan sangat lembab, sehingga ideal untuk diet. Air ini merupakan salah satu minuman ringan alami sering dikonsumsi di seluruh dunia karena nutrisi. Cairannya sangat manis dan steril dan terdiri dari zat-zat kimia tunggal seperti gula, vitamin, mineral, elektrolit, enzim, asam amino, phyto-hormon dan sitokin. 

Air kelapa, obat kuno

Cairan air kelapa telah lama digunakan di negara-negara Asia Tenggara sebagai obat, di mana buah yang dipanen juga digunakan untuk pulp, minyak dan susu. Di Amerika, minuman telah muncul lima tahun yang lalu, melalui dua produsen: Vita Coco dan Zico, merek yang didukung oleh Coca Cola. 

Air kelapa yang ditawarkan kepada pasien dengan diare di daerah tropis untuk menggantikan kehilangan cairan dari saluran pencernaan dan mengurangi kebutuhan untuk perawatan infus. Ini komponen biologi lainnya seperti asam amino, enzim, mineral, asam lemak membuat minuman ini menjadi seimbang. 

Manfaat air kelapa

Permintaan untuk air kelapa terus meroket karena kaya akan kalium: satu porsi menyediakan 569 mg, yang hampir dua volume yang lebih besar dari pisang. Mineral ini membantu mengatur tekanan darah dengan menetralkan efek stimulasi natrium. Air kelapa mengandung hanya 160 mg sodium, dan ini pada gilirannya membantu mencegah stroke dan penyakit jantung. 

Ilmuwan Amerika Serikat mengatakan bahwa air kelapa begitu dihargai karena kandungan kalium yang tinggi: "Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup kalium, karena mereka tidak makan lebih banyak buah dan sayur sayuran." 

Adapun manfaat dari minum air kelapa muda
  1. Meningkatkan kinerja olahraga 
  2. Ini memberikan energi tubuh 
  3. Membantu penurunan berat badan 
  4. Menjaga kesehatan jantung 
  5. Mengurangi stres 
  6. Menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku 
  7. Hal ini meningkatkan ketajaman mental 
  8. Menghapus batu ginjal
  9. Mengurangi Anemia
  10. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
  11. Mencegah berbagai kanker
  12. Mencegah serangan jantung
  13. Menurunkan berat badan
  14. Mengontrol Hipertensi
  15. Menurunkan tekanan darah
  16. Mencegah pertumbuhan kanker
  17. Mengobati kolera
  18. Mencegah infeksi saluran kemih
  19. Mengobati keracunan makanan
  20. Mengobati diare
  21. Mencegah sakit maag
Tahukah Anda bahwa air kelapa sangat berguna dan bahkan sangat penting selama Perang Dunia II. Dalam keadaan darurat, air kelapa digunakan sebagai cairan infus ketika larutan garam medis tidak tersedia atau kurang.