Inilah Manfaat Teh Untuk Kesehatan

teh lemon
Keuntungan dan manfaat teh berulang kali dikonfirmasi dalam berbagai karya ilmiah. Antara lain, ditemukan bahwa teh mengurangi risiko kanker, arteriosklerosis, penyakit menular dari hati dan usus. Selain itu, teh membantu menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan dan meningkatkan daya ingat.

Manfaat teh untuk Kesehatan. Sejak zaman dahulu, telah diketahui teh sangat berguna untuk kesehatan. Pengobatan tradisional menggunakan teh telah terkenal dari dulu seperti mengobati penyakit infeksi, pilek, serta memperbaiki sistem pencernaan dan menenangkan sistem saraf.

Dengan memperluas penelitian komposisi kimia dari teh dan sifat-sifatnya, para ilmuwan menemukan lebih banyak bukti yang mendukung hubungan konsumsi teh biasa untuk mencegah penyakit yang berbeda, seperti jantung atau kanker. 

Keuntungan utama dari teh adalah bahwa itu adalah produk yang benar-benar alami tanpa rasa enhancer, pengawet atau pewarna. Juga, teh tanpa gula, selai, madu atau susu tidak memiliki kalori dan merupakan komponen penting yang mendukung keseimbangan dalam cairan tubuh manusia. 

Inilah manfaat kesehatan dari konsumsi Teh
  1. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa daun teh mengandung sejumlah besar polifenol, yang merupakan jenis antioksidan. Asupan harian sekitar 3 cangkir teh memberikan kontribusi untuk mencegah tingkat darah tinggi. 
  2. Antioksidan mencegah pembentukan radikal bebas yang dihasilkan oleh asap, minum teh setidaknya dapat mencegah penuaan sel dan menjaga kesehatan kulit.
  3. Studi epidemiologis menunjukkan bahwa mereka yang minum dalam jumlah besar teh kemungkinan lebih kecil untuk mengembangkan kanker seperti kanker lambung, sistem pencernaan dan kanker kandung kemih. 
  4. Studi yang dilakukan di Jepang, menemukan bahwa setidaknya 3 cangkir teh dalam sehari terhindari dari menderita stroke. Senyawa fenolik yang terkandung dalam teh mencegah oksidasi kolesterol, yang menyebabkan kerusakan pembuluh darah. 
  5. Vitamin M, yang terkandung dalam teh, menghambat pelepasan zat dalam tubuh yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, vitamin ini membantu mencegah perkembangan kanker dan memainkan peran penting dalam menjaga fungsi yang benar dari sistem saraf, mata, dll.
  6. Daun teh mengandung fluoride yang membantu menguatkan gigi, kuku, dan tulang. 
  7. Kafein lebih dari sekedar teh hitam membantu meningkatkan metabolisme, menurunkan berat badan dan meningkat aktivitas. Kandungan kafein dalam minuman bervariasi tergantung pada jenis teh.
  8. Keuntungan dan manfaat teh hijau berulang kali telah dikonfirmasi dalam berbagai karya ilmiah. Antara lain, ditemukan bahwa teh hijau mengurangi risiko kanker, arteriosklerosis, penyakit menular dari hati dan usus. Selain itu, teh hijau membantu menurunkan kolesterol, yang membantu untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan daya ingat. 
  9. Minum teh hijau bisa menenangkan suasana hati karena dalam teh mengandung zat asam amino, yaitu L-theanine. Zat ini mempengaruhi sistem saraf pusat dengan cara yang memberikan kontribusi untuk pengembangan zat yang menyebabkan rasa tenang dan sukacita. Juga, L-theanine membantu menghasilkan zat dalam tubuh yang mengurangi aktivitas yang berlebihan. 
  10. Minum teh menurunkan tekanan darah. Teh hijau dan merah mengurangi risiko terkena hipertensi. 
  11. Teh mencegah perkembangan penyakit Alzheimer. 
  12. Teh dapat memiliki dampak positif dalam memerangi AIDS
  13. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa teh baik untuk semua penyakit dan memiliki sifat terapeutik. Arthritis, kanker, asma, pilek, sakit gigi, sakit kepala, mengurangsi stres dan obesitas.