Inilah 6 Efek Buruk Dari Minum Teh

teh
Minum  teh secara berlebihan bisa merusak fungsi ginjal, saluran pencernaan dan bagi wanita hamil sebaiknya tidak minum teh secara berlebihan sebab dapat merusak janin

Teh telah lama dikenal sebagai minuman sehat sekaligus sebagai obat tradisional untuk perawatan kecantikan. Di balik berbagai macam jenis teh populer, teh hijaulah yang paling populer. Teh dan kopi sama-sama memiliki kafein tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan jika diminum dalam batas wajar dan sebaliknya berbahaya teh untuk kesehatan.

Perlu diingat bahwa mengonsumsi segala sesuatu secara berlebihan memang tidak baik. Termasuk teh hijau yang berada dalam golongan makanan sehat. Sehingga sebaiknya Anda mengonsumsi teh hijau tidak lebih dari 2-3 cangkir dalam sehari.

Minum teh hijau ternyata bisa membawa beberapa efek buruk untuk kesehatan tubuh. Dengan beberapa alasan ini dan inilah efek samping dari minum teh hijau yang harus Anda ketahui dan hindari, sebagai berikut:.
  1. Bila Anda sedang mengonsumsi obat antibiotik sebaiknya menghindari mengonsumsi teh hijau. Sebab teh hijau memiliki efek buruk untuk kesehatan terutama ginjal.
  2. Minum teh secara berlebihan mengganggu sekresi hormon oleh kelenjar dalam tubuh. Dianjurkan untuk minum teh 1-2 cangkir dalam sehari.
  3. Mengonsumsi teh diluar batas kewajaran bisa mengganggu fungsi normal mental seperti merasa cemas atau perubahan suasana hati yang tidak nyaman akibat tubuh kalah mentoleransi banyaknya kafein.
  4. Zat tanin yang dalam teh hijau bisa merangsang lambung untuk mengeluarkan lebih banyak asam. Sebaiknya minum teh sesudah makan atau jangan minum teh dalam keadaan perut kosong bila Anda memiliki gangguan pencernaan.
  5. Zat tanin dalam teh mengurangi kemampuan darah untuk menyerap nutrisi penting. Maka hindari minum teh secara berlebihan.
  6. Wanita hamil sebaiknya tidak minum teh hijau. Zat kafein dalam teh diklaim merugikan kemampuan otak janin untuk berkembang dan bahkan kesulitan hamil.