Wou, Kopi Luwak Secangkir Berharga Ratusan Ribu Rupiah

kopi luwak
 Kopi luwak dikenal sebagai kopi termahal di dunia, harga kopi luwak secangkir dihargai ratusan ribu rupiah

Kopi sejenis apapun nikmat dan baik untuk kesehatan, namun ada beberapa kopi khusus berkualitas terbaik dan mahal di dunia. Salah satunya adalah kopi Luwak. Proses pembuatan kopi ini tergolong unik. Kopi ini dihasilkan dari kotoran hewan musang atau luwak.

Dilansir dari .republika.co.id bahwa tempat pembuatan kopi luwak, yakni di Liwa yang berjarak sekitar 246 km sebelah barat Bandar lampung, telah mencapai Rp 600.000/kg. Jika kopi luwak produksi Lampung ini dijual di Jakarta maka harganya bisa mencapai Rp 1,5 juta/kg.

"Harga kopi luwak ini di luar negeri lebih mahal lagi, bahkan bisa mencapai Rp 800 ribu per gelas seperti yang disebutkan seorang wisatawan asal Cina yang berkunjung ke tempat saya ini beberapa hari lalu," kata Gunawan, salah satu perajin usaha kopi luwak di Liwa, Lampung Barat.

Dikutip dari viva.co.id bahwa menurut Oprah Winfrey dalam salah satu episode talkshow-nya akhir tahun lalu, di Amerika, secangkir kopi luwak dihargai mencapai sekitar US$50 (sekitar Rp 500 ribu). Dan, dalam kemasan dijual sekitar US$6000 (sekitar Rp 60 juta) per 4,5 kg. Itulah sebabnya kopi ini dijuluki kopi termahal di dunia.

Dulunya, luwak selalu diburu petani kopi karena dianggap sebagai hama dan menjadi musuh petani. Namun demikian, setelah diketahui biji kopi yang dimakan luwak dan mengalami fermentasi alami dalam perut luwak memiliki rasa yang sangat unik dan nikmat serta aroma wangi dengan harga jual yang sangat mahal, maka status luwak berubah dari hewan liar menjadi hewan yang banyak dicari orang untuk ditangkarkan. Dikutip dari ditjenbun.pertanian.go.id

Sekarang telah menimbulkan masalah baru, Organisasi perlindungan hewan, PETA, menyoal eksploitasi luwak atau musang sebagai penghasil kopi bernilai tinggi. Hasil investigasi mereka terhadap produsen kopi luwak di Filipina dan Indonesia menunjukkan, luwak yang dikandangkan dari alam diperlakukan tidak layak. Dikutip dari kompas.com