Minum Kopi Bikin Bahagia, Panjang Umur Dan Cegah Penyakit

cewek cantik minum kopi
Kopi adalah salah satu minuman sehat di planet ini jika di minum tanpa gula dan dimoderasi 1-3 gelas sehari.  (foto: authoritynutrition.com)

Minuman super hitam itu memiliki kandungan kafein lebih banyak, tapi juga mengandung ratusan senyawa yang berbeda, beberapa di antaranya memiliki manfaat kesehatan yang penting. 

Beberapa penelitian besar sekarang telah menunjukkan bahwa orang yang minum kopi hidup lebih lama dan memiliki penurunan risiko penyakit seperti Alzheimer dan diabetes. 

Kopi adalah Mayor Sumber Antioksidan 

Ketika air panas mengalir melalui bubuk kopi sementara bir, zat dalam biji kopi bercampur dengan air dan menjadi bagian dari minuman itu. 

Beberapa zat yang dikenal, termasuk kafein , tetapi ada ratusan senyawa lain di sana juga, banyak yang ilmu pengetahuan belum mengidentifikasinya. 

Banyak dari senyawa ini adalah antioksidan yang melindungi tubuh kita dari oksidasi, yang melibatkan radikal bebas yang merusak molekul dalam tubuh. 

Tanpa masuk ke detail yang rumit, oksidasi diyakini menjadi salah satu mekanisme di balik penuaan dan penyakit umum seperti kanker dan penyakit jantung. 

Kopi, percaya atau tidak, yang terjadi menjadi sumber terbesar dari antioksidan dalam diet Barat, yang kedua buah dan sayuran. 

Ketika Anda memperlakukan diri Anda dengan secangkir kopi, Anda tidak hanya mendapatkan kafein tetapi sejumlah besar senyawa yang bermanfaat lainnya, termasuk antioksidan kuat. 

Beberapa studi besar-besaran menunjukkan bahwa orang yang minum kopi hidup lebih lama daripada mereka yang tidak.

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa ketika orang minum kopi, mereka memiliki risiko lebih rendah untuk meninggal akibat berbagai penyakit serius. 

Sebuah studi inovatif, yang terbesar dari jenisnya, diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada tahun 2012: 

Freedman ND, et al. Asosiasi minum kopi dengan kematian total dan menyebabkan spesifik. New England Journal of Medicine, 2012. 

Dalam penelitian ini, melibatkan 402.260 orang antara usia 50 dan 71 tahun mereka ditanya tentang konsumsi kopi. 

Hasilnya cukup luar biasa mereka sudah minum kopi selama 12-13 tahun lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal. 

Namun, bahkan konsumsi moderat kopi (1 cangkir per hari) telah dikaitkan dengan penurunan 5-6% risiko kematian, menunjukkan bahwa bahkan sedikit sudah cukup untuk memiliki efek. 

Meskipun angka-angka ini mungkin tampak kecil mengingat kebiasaan konsumsi kopi secara luas sebenarnya memiliki implikasi bagi jutaan orang. 

Ketika mereka melihat penyebab tertentu kematian, mereka menemukan bahwa peminum kopi kurang mungkin untuk meninggal akibat infeksi, cedera dan kecelakaan, penyakit pernapasan, diabetes, stroke dan penyakit jantung. 

Setidaknya 2 penelitian lain telah menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah dari kematian dini. Selain itu peminum kopi memiliki risiko jauh lebih rendah dari sakit Alzheimer, Parkinson, diabetes tipe 2 dan penyakit hati.

Ada juga penelitian dari Harvard menunjukkan bahwa kopi dapat membuat Anda lebih bahagia, mengurangi risiko depresi hingga 20% dan risiko bunuh diri sebesar 53%.

Minum kopi selain mencegah penyakit, menambah usia hidup Anda, minuman super hitam itu juga diketahui dapat meningkatkan konsentrasi, memperbaiki suasana hati menjadi bahagia atau lebih baik.