Atasi Kantuk Dengan Minum Secangkir Kopi Setelah Makan Siang

secangkir kopi hitam
Kopi memiliki senyawa paling populer, yaitu kafein. minum secangkir kopi setelah makan membantu Anda mengusir rasa kantuk yang berat

Sebagai Karyawan atau PNS setelah makan siang pasti sering dihadapkan dengan kebiasaan yang dianggap malas, yaitu kantuk. Setelah makan siang tubuh mengalami kelelahan dan perlu istrahat hanya bisa dibantu dengan tidur siang dan pada malam hari usahakan tidur 7-8 jam agar tidak terjadi rasa kantuk berat yang merusak konsentrasi.

Mengantuk adalah hal alami karena tubuh mengalami kelelahan setelah makan siang. Tapi perlu di waspadai kalau mengantuk tiada di henti ditempat kerja, hal itu disebabkan oleh kurang berolahraga, dan yang perlukan ditakutkan adalah mengantuk tiada henti bisa menjadi tanda bahwa ada mengalami Prediabetes dan Anemia.

Tanpa perlu masuk secara detail ke masalah penyebab mengantuk terus menerus, setelah Anda makan siang datanglah sebuah sifat malas, yaitu kantuk yang membuyarkan konsentrasi, hal ini bisa diatasi dengan hanya minum secangkir kopi. Tapi perlu diingat kopi tidak akan membantu jika pada malam hari Anda tidur kurang dari 7-8 jam.

Senyawa dalam kopi, yaitu kafein memang membantu meningkatkan konsentrasi dan mengusir rasa kantuk namun hanya bisa dibantu oleh tidur yang cukup pada malam hari. Kafein dalam kopi hanya akan menunda kantuk tanpa mengembalikan kemampuan kognitif otak untuk kembali bekerja.

Kafein baru akan bekerja setelah 30 menit dikonsumsi. Namun ia bisa mempengaruhi kerja otak selama 9-12 jam. Untuk itu jangan minum kopi pada malam hari. Cukupi kebutuhan tidur di malam hari secara rutin.